JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Tumis Daging Sapi Asparagus

Resep Tumis Daging Sapi AsparagusResep tumis special untuk keluarga, resep tumis daging sapi asparagus ala Dapur Arie.

Salah satu keluarga suami saya yang tinggal di Belanda datang mengunjungi kami di Australia akhir tahun lalu. Sudah pasti kita sibuk berusaha membuat mereka merasa senyaman mungkin. Pada salah satu jamuan makan malam dirumah, saya bikin resep tumis daging sapi asparagus. Wajah mereka berbinar-binar ketika mereka melihat irisan-irisan asparagus di antara potongan daging tumis. Lalu saya bertanya kenapa mereka terlihat seperti sedikit kaget ? Lalu mereka bilang kalau asparagus di Belanda bisa dibilang delicacy atau salah satu sayuran yang harganya cukup mahal. Kami semua tertawa karena mereka begitu antusias melontarkan cerita-cerita lucu tentang perbedaan harga makanan dan sayuran di Belanda dan Australia.

Kami merasa beruntung, harga sayuran di Australia nggak begitu mahal. Satu ikat asparagus bisa hanya $0.99 (atau 99 cents). Apalagi kalau kita masaknya tergantung musim apa. Kalau lagi musim brokoli dan kembang kol, satu bijinya bisa hanya $0.50. Pilihan sayuran segar dan makanan lainnyapun sangat banyak karena Australia adalah negara yang sangat multicultural. Jadi mau cari apa saja gampang, asal kita tahu dimana mencarinya.

Resep tumis daging yang satu ini sangat mudah, suami saya paling suka apalagi asparagusnya masih crunchy ! Usahakan memakai minyak kacang tanah atau peanut oil karena rasanya lebih mataaaaaaaafffffff ……. !!!

Resep Tumis Daging Sapi Asparagus
 
Penulis:
Porsi: 4
 
Bahan:
  • 500 gr daging sapi tanpa lemak, iris tipis-tipis
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, potong kotak
  • 3 butir bawang putih, cincang halus
  • 1 butir cabe merah besar, buang isinya lalu cincang
  • 1 ikat asparagus (kira-kira 175 gram), potong setiap asparagus menjadi 3 bagian
  • 1 genggam besar daun kemangi
  • 1 sdm saus ikan
  • 1 sdm saus tiram
  • Lada hitam tumbuk kasar secukupnya (kira-kira ½ sdt)
  • 3 sdm minyak kacang tanah (peanut oul), kalau tidak ada bisa memakai minyak goreng biasa
Cara Membuat:
  1. Panaskan 1 sdm minyak di penggorengan dengan api tinggi, masak daging sampai setengah matang. Sisihkan. Jika daging sapi mengeluarkan banyak air ketika dimasak, pastikan air dibuang sampai habis.
  2. Dengan menggunakan penggorengan yang sama, panaskan 2 sdm minyak goreng. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe cincang dan irisan asparagus kira-kira 1 menit.
  3. Tambahkan daging sapi yang sudah dimasak setengah matang. Aduk sebentar.
  4. Tambahkan saus ikan, saus tiram dan lada hitam. Aduk sebentar.
  5. Tambahkan daun kemangi. Teruskan memasak kira-kira 1 menit.
  6. Hidangkan tumis daging sapi asparagus dengan nasi putih hangat.

Tinggalkan Pesan