JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

Arie

Resep Sup Ayam Rempah ala DAPUR ARIE

Resep Sup Ayam Rempah Baik Untuk Yang Sedang Terkena Flu atau Demam.

Resep Sup Ayam Rempah Untuk Yang Sedang Terkena Flu atau Demam.

Resep sup ayam rempah ini adalah salah satu resep andalan saya kalau anggota keluarga lagi sakit flu, demam ataupun pilek. Selain cara memasaknya yang super gampang, rasanyapun di jamin huenak. Apalagi kalau kita lagi malas makan karena diserang flu. Kalaupun nggak lagi sakit, suami biasanya minta dibikinin sup ini kalau lagi musim dingin. Rasa hangat jahe-nya memang pas sekali untuk penghangat badan di hawa dingin.

Untuk lebih lengkapnya lagi, sup ayam rempah ini paling enak bila dinikmati dengan nasi gurih kaldu ayam. Cara membuat nasi kaldu ayam sangat mudah tentunya. Yaitu hanya dengan mengganti air untuk memasak nasi dengan kaldu ayam cair dan sedikit garam. Nggak susah kan ?

Untuk mendapatkan menu sup ayam rempah yang lebih sehat, saya sarankan untuk membuang kulit ayam sewaktu penyajian.

Kita coba yuk….!

Resep Sup Ayam Rempah ala DAPUR ARIE
 
Penulis:
Porsi: 6
 
Bahan:
  • 2 liter air
  • 1.5 kg ayam utuh yang sudah dibersihkan bagian dalam dan bulunya
  • 2 buah bawang bombai, potong - potong sesuai selera
  • 8 butir bawang putih, keprek
  • 5 cm jahe, kupas, cuci bersih lalu keprek
  • 1 sendok teh penuh merica hitam tumbuk kasar
  • 1 sendok makan penuh garam (atau secukupnya)
  • ½ cup saus asin
  • 2 batang daun bawang, potong-potong untuk taburan
Cara Membuat:
  1. Siapkan panci ukuran besar (kira-kira cukup untuk memasak ayam utuh), lalu didihkan 2 liter air.
  2. Setelah air mendidih, masukkan bawang bombai yang sudah dipotong, bawang putih, jahe, merica hitam, garam dan kecap asin. Aduk rata.
  3. Sementara itu bersihkan ayam, buang ceker, leher dan kepala serta bagian-bagian yang banyak lemaknya seperti brutu (ekor pendek). Cuci ayam sampai bersih.
  4. Masukkan ayam ke dalam rebusan air dan rempah.
  5. Kecilkan api, tutup panci dan teruskan memasak sampai ayam matang dan daging mudah dipisahkan dari tulangnya. Selama proses merebus, baliklah ayam paling tidak sekali agar semua bagian terkena air rebusan dan bumbu.
  6. Setelah ayam empuk, hidangkan ayam beserta kuahnya dengan ditaburi dengan irisan daun bawang. Sup ayam ini juga bisa dinikmati dengan nasi putih ataupun nasi uduk (gurih).

Terimakasih sudah mengunjungi blog Resep Masakan Dapur Arie. Silahkan untuk meninggalkan pesan dibawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai resep su ayam rempah diatas. Trims !

2 comments

  1. Tini Tan

    Looks simple, healthy n …. yummy….
    Thx 4 sharing d recipe

    1. Arie
      Arie

      Hi Tini Tan, yup, it’s super simple dan yummy ! No worries, I hope you like the recipe 🙂

Tinggalkan Pesan