JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Kentang Balado Pete Mudah

Resep Kentang Balado Pete MudahResep Kentang Balado Pete Mudah dan Enak.

Rasa dari resep kentang balado pete ini berbeda dengan resep Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh buatan saya beberapa waktu yang lalu. Meskipun tanpa daun salam dan lengkuas, kentang balado ini rasanya bisa dibilang super nendang ! Khas Balado lah ya 🙂

Keluarga kami suka sekali masakan yang berbau “balado”. Seperti halnya dendeng sapi balado, pindang tongkol balado (meskipun susah sekali untuk mendapatkan pindang disini), ayam balado, telur balado dan lain sebagainnya. Mungkin karena kami suka sekali cabe, jadi masakan balado cocok dilidah 🙂

Ada yang suka kentangnya sangat kering, ada juga yang suka kentangnya agak basah jadi teksturnya lebih lunak. Buat saya dua-duanya enak tergantung selera kita masing-masing. Itulah seninya masak sendiri dirumah. Semanya bisa kita sesuaikan dengan selera. Lagipula resep-resep saya tidak ada yang memakai vetsin/micin/penyedap rasa karena kurang sehat. Bayangkan berapa banyak restoran – restoran diluar yang memakai penyedap ? Mungkin kita tidak akan merasakan akibatnya seketika, namun untuk jangka panjang…..akibatnya bisa sangat merugikan kita.

Banyak restaurant-restaurant di Australia yang meng-klaim bahwa menu makanan mereka bebas MSG. Tapi menurut saya akan susah sekali untuk membuktikannya karena MSG bisa terdapat di kecap, saus dan bahan-bahan memasak lain. Tapi dengan memasak sendiri makanan kita dirumah, saya kira itu adalah salah satu cara untuk me-minimalkan kandungan MSG yang ada di dalam makanan kita sehari hari.

Anyhow, I hope you enjoy the recipe 🙂

Resep Kentang Balado Pete Mudah
 
Penulis:
Porsi: 5
 
Bahan:
  • 1 kg kentang
  • 100 gr pete (sekitar 30 biji)
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan bumbu halus resep kentang balado :
  • 15 cabe merah besar (buang bijinya)
  • 8 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Cara Membuat:
  1. Kupas kentang lalu cuci bersih.
  2. Potong kentang seukuran kotak kecil-kecil.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng irisan kentang sampai kuning kecoklatan. Angkat, sisihkan.
  4. Sisakan sedikit minyak dipenggorengan, lalu tumis bumbu halus sampai beraroma harum dan matang.
  5. Tambahkan kentang goreng dan biji petai, lalu aduk rata sampai bumbu tercampur rata dan matang.
  6. Hidangkan kentang balado pete dengan nasi putih hangat-hangat.
  7. Selamat mencoba.

Tinggalkan Pesan