JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Tumis Terong Bawang Putih

Resep Cara Membuat Tumis Terong Bawang Putih ala Dapur Arie.

Resep Tumis Terong Bawang PutihLain daripada yang lain, resep tumis terong kali ini benar-benar mantap dilidah. Apalagi bagi kalian pecinta tapas, pasti cita rasa seperti ini sudah tidak asing lagi.

Tapas adalah bahasa Spanyol yang artinya adalah berbagai macam makanan pembuka, atau makanan ringan. Hidangan tapas bisa jadi dingin (seperti zaitun dicampur dengan keju) atau panas (seperti chopitos, dalam bentuk gorengan).

Menu hidangan tapas sangat bermacam-macam sekali, bisa dibilang mirip seperti dimsum, dimana makanan dihidangkan dengan porsi kecil-kecil namun sangat beragam. Di negara Spanyol, rata-rata restaurant tapas menyediakan minimal 12 menu tapas. Di beberapa negara Amerika Tengah, makanan ringan seperti ini dikenal sebagai bocas. Di Meksiko, hidangan yang serupa disebut “Botanas.”

Ada banyak sekali kompetisi tapas di seluruh Spanyol. Namun hanya ada satu kompetisi Tapas Nasional yang dirayakan setiap tahun yaitu pada bulan November. Sejak tahun 2008, Kota Valladolid dan International School of Culinary Arts telah merayakan Kompetisi Tapas Internasional untuk Sekolah Kuliner. Berbagai sekolah dari seluruh dunia datang ke spanyol setiap tahun untuk bersaing untuk menjuarai konsep tapas terbaik. Menarik sekali bukan ? Bayangkan saja kalau kalian pecinta kuliner dan mengunjungi Spanyol tepat pada saat mereka mengadakan kompetisi tapas. Mana tahaaaaaannnn…….!!!

Anyway, kembali ke resep tumis terong kali ini, jika kalian lagi dalam program diet untuk menurunkan berat badan, saya sarankan terong di panggang dan bukan digoreng karena hanya menggunakan sedikit minyak.

Kita tengok resepnya yuk !

Resep Tumis Terong Bawang Putih
 
Penulis:
Porsi: 4 - 6
 
Bahan:
  • 4 sdm minyak sayur untuk menumis
  • ½ kg terong ungu, belah lalu potong sesuai selera
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 1 buah paprika merah ukuran sedang, cincang
  • 1 sdm penuh jahe parut
  • 1 batang daun bawang, potong sesuai selera
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm balsamic vinegar (kalau kurang suka rasa asam, saya sarankan pakai 1 sdm saja)
  • 1 sdt gula
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng terong secukupnya
Cara Membuat:
  1. Goreng terong hingga matang, sisihkan. (Bisa juga dipanggang)
  2. Tumis bawang putih, paprika, parutan jahe, dan daun bawang hingga layu dan beraroma harum.
  3. Tambahkan kecap, balsamic vinegar, garam dan gula, aduk lagi hingga semua bumbu merata.
  4. Icipi, tambahkan gula atau garam jika masih kurang.
  5. Masukkan terong yang sudah matang ke dalam tumisan, aduk rata.
  6. Sajikan ketika masih hangat.

Tinggalkan Pesan