JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Salmon Saus Teriyaki

Resep Salmon Saus TeriyakiResep Salmon Saus Teriyaki.

Buat kami, Jepang adalah salah satu negara yang patut dikunjungi untuk berlibur. Kami sengaja berlibur ke Jepang pada saat musim semi dimana Bunga Sakura mekar secara bersamaan.  Benar-benar indah dan kami tak sabar untuk kesana lagi.

Kami menyukai hampir semua makanan Jepang termasuk menu masakan teriyaki. Entah itu menggunakan daging ayam, daging sapi atau ikan laut. Meskipun menu teriyaki bisa didapati hampir disemua restaurant yang kami kunjungi di Jepang, sewaktu disana kami tidak banyak memesan menu ini. Bukannya kami tidak suka, tapi karena banyaknya jenis makanan Jepang yang belum pernah kami coba. Seperti halnya Takoyaki dan Okonomiyaki.

Oh ya, sewaktu berlibur di Jepang, kami juga menyempatkan diri untuk belajar memasak disana. Kalau kalian ingin tahu menu makanan apa saja yang kami pelajari, silahkan klik link berikut: Berlibur Sambil Belajar Memasak di Jepang.

Anyhow, enough about our holiday in Japan, let’s see what I’ve got here. Untuk resep salmon teriyaki ini, saya anjurkan kalian untuk memakai saus asin yang dari Jepang. Misalnya saja merek Kikoman. Karena rasanya lebih pas di banding dengan saus asin merek lainnya. Sementara itu untuk saus Mirin bisa didapatkan di toko-toko Asia (kalau kalian tinggal di luar negeri). Kalau di Indonesia, coba saja di supermarket-supermarket besar seperti Hypermart. Atau toko khusus makanan Jepang.

Tips:
Karena ada proses perendaman atau marinate, saya sarankan dilakukan di pagi hari. Atau sebelum memulai aktivitas harian. Jadi pada saat sore harinya ikan salmon sudah siap dimasak.
Kalau tidak ada ikan salmon yang fresh, bisa juga memakai ikan salmon yang beku. Rendam ikan yang masih beku di dalam air dengan suhu ruangan sebelum di masak. Bisa juga memakai air suam-suam kuku (sedikit hangat).

 

Resep Salmon Saus Teriyaki
 
Penulis:
Porsi: 2
 
Bahan:
  • Ingredients:
  • 2 potong ikan salmon fillet atau steak yang masih segar (kira-kira 220 gr per potong)
  • 2 batang daun bawang, potong menyerong tipis-tipis (untuk taburan)
  • Minyak goreng secukupnya (kira-kira 2 sdm)
Bahan Saus Salmon Teriyaki:
  • 1 butir bawang putih, keprek (bisa juga dihaluskan)
  • 1 sdt penuh parutan jahe segar
  • 2 sdt gula putih halus / gula kastur
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdm saus asin (saya suka pakai merek Kikoman)
  • 2 sdm arak atau sake Jepang (bisa tidak pakai)
  • 2 sdm saus mirin (nggak pakai juga nggak apa-apa)
Cara Membuat:
  1. Method:
  2. Campur rata semua bahan saus di dalam mangkuk ukuran sedang (kira-kira cukup untuk merendam dua potong ikan).
  3. Masukkan ikan salmon ke dalam saus, aduk pelan-pelan sampai semua bagian ikan terkena saus. Tutup rapat dengan cling wrap (plastik wrap) atau apa aja yang penting tertutup agar kulkas nggak bau amis. Simpan di dalam kulkas minimal 3 jam.
  4. Tiriskan ikan salmon, sisihkan saus sisa rendaman untuk kuah nantinya.
  5. Panaskan minyak di penggorengan anti lengket.
  6. Goreng ikan salmon sampai kekuningan di semua sisi.
  7. Tambahkan sisa saus rendaman, masak kira-kira 5 menit dalam api kecil, sampai kuah sedikit mengental. Matikan api.
  8. Taruh ikan salmon dan kuah ke dalam piring saji, dan terakhir ditaburi irisan daun bawang.
  9. Hidangkan dengan nasi putih selagi masih hangat atau sayuran rebus seperti brokoli, buncis, bunga kol dan wortel.

Silahkan untuk meninggalkan pesan di bawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai  Resep Salmon Saus Teriyaki di atas. Thanks 🙂

Tinggalkan Pesan