JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang

Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang

Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang.

Pernahkan kalian nyobain jajanan yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut yang satu ini ? Jajajan ini biasanya bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional di daerah Tulungagung.

Sama halnya dengan jajanan Timus yang saya bikin tak lama lalu, jajanan kemplang ini juga merupakan salah satu makanan yang dijual oleh ibu saya di Tulungagung. Bahkan bisa dibilang bahwa cemilan yang satu ini adalah favourite saya sejak kecil. Rasanya yang gurih dan sedikit kenyal sangatlah enak untuk teman minum teh atau kopi. Tak hanya dinikmati selagi masih hangat, jajanan kemplang ini enak juga jika dinikmati ketika sudah dingin, bahkan keesokan harinya. Hanya saja sayangnya susah sekali untuk mendapatkan kelapa parut yang fresh di Perth. Mau nggak mau ya pakai seadanya, yaitu kelapa parut frozen alias beku.

Ngomong-ngomong tentang Tulungagung, jangan ketinggalan untuk nyobain Resep Ayam Lodho asli dari kampung halaman saya ini 😉

 

Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang
 
Penulis:
Porsi: 14
 
Bahan:
  • 250 gr tepung beras
  • ½ sdt garam
  • 250 gr kelapa parut
  • Air putih secukupnya (kurang lebih 1 cup)
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Teoung gula secukupnya untuk taburan jika suka manis (tapi kalau suka gurih, bisa tanpa gula)
Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah ukuran sedang, campur menjadi satu tepung beras, garam dan kelapa parut.
  2. Aduk campuran diatas dengan menggunakan tangan sampai rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bahan tercampur rata dan tekstur seperti dough (adonan yang bisa dibentuk dengan menggunakan tangan dengan mudah).
  4. Ambil setengah genggaman (kira-kira 2 sdm penuh) adonan diatas, bentuk setebal kira-kira 1 cm memanjang sampai adonan habis.
  5. Panaskan minyak goreng dalam api sedang.
  6. Goreng adonan yang sudah dibentuk tersebut sampai kekuningan. Angkat lalu tiriskan.
  7. Untuk yang suka manis, taburi jajanan kemplang dengan tepung gula diatasnya sewaktu penyajian. Atau bisa disajikan begitu saja untuk teman teh atau kopi di pagi dan sore hari. Bahkan untuk cemilan.

Silahkan untuk meninggalkan pesan dibawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang diatas. Thanks 🙂

Tinggalkan Pesan