JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Resep Cara Membuat Terong Saus Teriyaki

Resep Cara Membuat Terong Saus Teriyaki ala Dapur Arie.

Resep Cara Membuat Terong Saus Teriyaki

Masakan Jepang sudah menjadi salah satu menu international yang ramah dengan lidah Indonesia. Hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia pasti ada restaurant yang menghidangkan menu-menu lezat dari negeri sakura ini. Paling tidak Hoka-hoka Bento ataupun Ichiban Sushi.

Resep cara membuat terong saus teriyaki ini sudah jelas terinspirasi oleh menu-menu masakan Jepang kesukaan kami sekeluarga. Negara Jepang sama kayanya dengan Indonesia di bidang kuliner. Penyajian makanan yang unik dan cantik sudah menjadi trend mereka. Bahkan restaurant-restaurant di Jepang berlomba-lomba untuk menghidangkan menu restaurant mereka se-unik mungkin untuk menarik pengunjung.

Ps: Saus teriyaki bisa digunakan untuk memasak menu apa saja. Misalnya ayam teriyaki, daging sapi teriyaki, ikan saus teriyaki, mix sayuran saus teriyaki, dan lain sebagainya. Cara membuat saus inipun bisa dibliang super gampang ! Jadi kalau kalian kurang menyukai terong, jangan buru-buru meninggalkan halaman ini karena saus teriyaki ala Dapur Arie wajib dicoba dan bisa digunakan untuk memasak daging atau sayur apa saja !

Kalau kalian suka hidangan terong, kunjungi:

Resep Balado terong ungu 

Resep Cara Membuat Cannelloni Terong Ungu

Resep Terong Panggang Ayam Cincang.

 

Resep Cara Membuat Terong Saus Teriyaki
 
Penulis:
Porsi: 4
 
Bahan:
  • 600 gr terong ungu (kalau ukuran terongnya besar, seperti terong yang saya pakai dimana beratnya 600gr, cukup diiris bundar-bundar. Tapi kalau terongnya kecil panjang atau kecil bulat, belah terong menjadi dua memanjang; garami, bilas dan tiriskan)
Bahan saus teriyaki:
  • 2 sdm kecap manis
  • ¼ cup kecap asin
  • 2 sdm madu
  • 3 sdm cuka apel
  • 2 sdt minyak wijen
  • 120 gr gula palem
  • 2 cm jahe, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt biji wijen
  • ¼ cup air
Cara Membuat:
  1. Nyalakan oven dengan suhu 180oC fan forced, atau 200 derajat celsius setting normal.
  2. Buat saus teriyaki: Campur air, kecap manis, kecap asin, madu, cuka apel, minyak wijen, gula palem, biji wijen dalam panci sambil dipanaskan dengan api kecil. Aduk rata. Tambahkan jahe dan bawang putih. Aduk rata. Masak sampai mendidih untuk beberapa saat. Angkat atau matikan api.
  3. Oleskan saus teriyaki di permukaan terung. Diamkan sekitar 15 menit.
  4. Panggang irisan terong yang sudah di olesi dengan saus teriyaki sampai matang kekuningan kira-kira 15 sampai 25 menit.
  5. Pindahkan terong panggang ke dalam mangkok saji. Siram dengan sisa saus.
  6. Bisa dinikmati dengan nasi putih atau dinikmati begitu saja sebagai entree atau hidangan pembuka.

Tinggalkan Pesan