JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

Menikmati Indahnya Bunga Sakura di Fukushima – Edisi Liburan di Jepang Day 6

Menikmati Indahnya Bunga Sakura di Fukushima - Edisi Liburan di Jepang Day 6Menikmati Indahnya Bunga Sakura di Fukushima – Edisi Liburan di Jepang Day 6

Perjalanan ke Fukushima.

Hari keenam liburan kami ke Jepang adalah mengunjungi daerah Fukushima. Bukannya karena kami ingin melihat-lihat nuclear plantation tapi kami ingin melihat satu bukit yang dipenuhi dengan berbagai macam bunga sakura. Kami terpaksa harus ke Fukushima karena bunga sakura yang berada di Tokyo sudah hampir selesai masa mekarnya.

Seperti yang saya ceritakan dalam postingan LIBURAN KE JEPANG beberapa waktu lalu, perjalanan untuk mengunjungi Fukushima memakan waktu sekitar dua jam dari Tokyo. Itupun kalau ditempuh dengan naik kereta api Shinkansen (bullet train), kereta api express di Jepang dengan biaya sekitar 8500 yen atau Rp. 850.000 sekali jalan. Sedangkan kalau menggunakan jasa kereta api biasa, bisa memakan waktu sekitar 5 jam dengan 3 sampai 4 kali ganti kereta. Tapi harganyapun bisa semurah 2300 yen atau Rp. 230.000 sekali jalan. Karena kami hanya mempunyai waktu sehari untuk mengunjungi Fukushima, maka kami menggunakan Shinkansen. Lagipula kami memiliki JR Pass dimana harga yang kami bayar sekitar 5.5 juta perorang bisa kami gunakan untuk naik kendaraan umum milik perusahaan JR (Japan Rail) termasuk Shinkansen selama 14 hari.

Makan Bento Box di Shinkansen Perjalanan dengan Shinkansen sangat menyenangkan karena kondisi kereta yang sangat bersih, nyaman dan tak ketinggalan juga karena adanya bento box. Tapi terus terang saja, 30 menit pertama ketika kereta mulai jalan, saya merasa agak pusing dan mual karena kecepatan kereta express ini luar biasa, yaitu bisa sampai 275 km/jam. ( Hmm..Hmmm….mabuk kendaraan ceritanya “^_^” ).

Perjalanan ke Fukushima Jepang dengan ShinkansenSuasana di dalam kereta api sangat tenang, tidak ada satu orang-pun yang berbicara di telephone. Kalaupun ada, mereka selalu pergi ke ruang di antara gerbang kereta api di dekat toilet agar tidak menggagu penumpang lain. Pemandangan yang kami lewatipun beragam. Dari hiruk pikuknya kota, pedesaan, perkebunan dan juga pegunungan dari kejauhan.

Kereta Api Shinkansen Kami membeli dua bento box untuk makan pagi. Meskipun makanan ini dihidangkan dalam keadaan dingin, tapi rasanya enak dan masih fresh.

Hanamiyama Park.

Hanamiyama Park adalah nama sebuah taman di luar kota Fukushima yang terletak di perbukitan dan dipenuhi oleh pohon sakura atau cherry blossom. Luas taman tersebut sekitar 25 hektar dan terdapat sekitar 30 jenis bunga sakura. Meskipun terbuka untuk umum, sebagian besar pohon-pohon sakura tersebut berada di pekarangan penduduk setempat. Jadi harus diingat untuk tidak masuk atau menerobos ke dalam pekarangan karena akan ada teguran dari penduduk setempat. Untuk lebih amannya, ikuti saja jalan-jalan yang memang sudah disediakan untuk umum.

Bus ke Hanamiyama Park Fukushima Japan Dengan mengunakan bus, kami langsung menuju ke Hanamiyama Park dari stasiun Fukushima. Bus yang khusus disediakan untuk pengunjung taman ini biasanya hanya 500 yen pulang pergi. Atau sekitar 50 ribu rupiah.

Bus ke Hanamiyama Park Fukushima Bus yang menuju ke Hanamiyama park khusus disediakan pada saat musim bunga sakura.

Cherry Blossom Seeing Map Hanamiyama Park Selain ticket bus, kami juga diberi peta mengunjungi taman. Termasuk lokasi tempat-tempat yang bagus untuk pengambilan foto.

Tenaga Sukarela Jepang Persiapan Menikmati Bunga SakuraMusim bunga sakura adalah salah satu musim yang bisa dibilang sangat significant di Jepang. Bagaimana tidak, jutaan orang baik local maupun dari luar negeri berbondong-bondong untuk menikati musim ini. Otomatis persiapannyapun sangat luar biasa dan dibutuhkan banyak tenaga manusia termasuk tenaga suka rela seperti di taman Hanamiyama ini. Bahkan camerawan dari crew-crew televisipun sangat sibuk untuk melaporkan keadaan bunga sakura di tempat-tempat tertentu.

Di setiap post taman dijaga oleh beberapa orang (yang mayoritas pensiunan) sebagai tour guide musiman. Mereka membawa album foto bunga-bunga sakura dan bunga lain yang terdapat ditaman tersebut beserta nama-namanya. Tak satupun tour guide tersebut yang berbahasa Inggris, jadi sewaktu kami ingin meminta tolong untuk mengambil foto kami berdua, bahasa yang kami gunakan adalah bahasa tubuh. Meskipun mereka tidak bisa berbahasa Inggris, namun tidak mengurangi keramahan juru-juru taman musiman tersebut. Selain itu kami sangat salut dengan semangat mereka. Meskipun tanpa gaji, dengan bangga mereka menunjukkan kepada pengunjung kekayaan negeri mereka.

Fukushima - Cherry Blossom Meskipun gerimis, perjalanan menuju tanah perbukitan yang dipenuhi dengan bunga sakura sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, warna warni kelopak bunga sakura ditambah dengan bunga-bunga yang lain menambah pemandangan sekitar semakin cantik dan enak dilihat.

Berikut adalah beberapa foto yang kami ambil dari taman Hanamiyama.

Jalan-jalan ke Jepang

Hanamiyama Park Fukushima Japan

Tempat Bagus Bunga Sakura di Jepang

 

1-IMG_1138

Bukit Bunga Sakura

Bunga Sakura

Cherry Blossom - Sakura

Cherry Blossom

Bunga Tulip di Jepang

Jepang

Duduk di Bawah Bunga Sakura

Lelah berjalan-jalan hampir setengah hari di Hanamiyama Park, saatnya untuk bersantai ria di bawah bunga sakura !

Ikuti terus postingan-postingan Dapur Arie tentang pengalaman liburan di Jepang berikutnya. Silahkan untuk meningggalkan pesan dibawah jika kalian memiliki pertanyaan mengenai liburan ke Jepang. Arigato 🙂

Buku Harian Dapur Arie 14.04.2015.

Tinggalkan Pesan