JavaScript must be enabled in order for you to see "WP Copy Data Protect" effect. However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To see full result of "WP Copy Data Protector", enable JavaScript by changing your browser options, then try again.

«

»

Arie

7 Cara Untuk Relax

7 Cara Untuk RelaxJangan lewatkan 7 cara untuk relax ala Dapur Arie.

Semua orang sudah tentu memiliki kesibukan masing-masing. Dari sibuk urusan keluarga, anak, pekerjaan, belajar, dan masih banyak lagi. Karena saking sibuknya, seringkali kita meremehkan kesehatan badan dan rohani kita.

Jangan dianggap enteng ketika kita menderita migraine atau sakit kepala tak tertahankan, pergelangan tangan yang terasa capek karena kebanyakan kerja menggunakan komputer, kaki kesemutan, sakit di leher bagian belakang, ataupun keluhan badan yang lainnya. Karena semua itu merupakan isyarat yang diberikan oleh tubuh kita untuk beristirahat.

Satu lagi bagian tubuh kita yang paling penting adalah otak. Jangan dikira otak tidak butuh istirahat. Kalau kita pikir-pikir, justru si otak ini yang mengendalikan semua bagian tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Very interesting, right ?

Nah, berikut adalah 7 cara untuk membantu otak kita untuk beristirahat biar kita bisa relax. Simak yuk…

Minum teh pagi1. Minum secangkir teh hitam tradisional.
Sudah bukan rahasia lagi kalau teh hitam tradisional bisa memberikan efek samping yang sangat menenangkan. Menurut study, teh yang rasanya sedikit pahit ini terbukti mengurangi kadar hormon stress kortisol ketika dikonsumsi dalam jumlah moderat secara teratur. Secangkir teh hitam setiap pagi misalnya.

Teh hitam juga mengandung polifenol, antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan organ tubuh yang disebabkan oleh tembakau atau bahan kimia beracun lainnya. Antioksidan ini berbeda dari yang kita peroleh dari buah-buahan dan sayuran. Maka dari itu, mengkonsumsi teh hitam dengan jumlah yang wajar secara teratur dapat memberikan manfaat tambahan terhadap gaya hidup sehat.
Tapi jangan cemas, untuk yang kurang suka minum teh hitam, berikut adalah beberapa cara lain untuk membantu kita merasa relax.

2. Tarik napas dalam-dalam dua atau tiga kali.
Ketika kita dihadapkan dengan situasi stres yang membuat kita ingin terburu-buru, berhentilah selama satu menit dan ikuti langkah-langkah berikut:
Ambil napas dalam-dalam dua atau tiga kali. Hirup napas panjang dan keluarkan napas secara perlahan-lahan, begitu seterusnya.
Bayangkan semua yang hal yang menyebabkan kita merasa stres meninggalkan tubuh kita dengan keluarnya setiap napas.
Tersenyum. Berpura-puralah jika harus. Hal ini cukup sulit dilakukan apalagi ketika kita dalam keadaan marah. Tapi tidak ada salahnya dicoba, meskipun muka kita bisa jadi kelihatan konyol 🙂
Jangan ragu untuk mengulangi langkah-langkah di atas setiap beberapa jam di tempat kerja atau rumah jika perlu.

3. Lakukan meditasi sederhana.
Fokuskan pikiran pada pernapasan. Rasakan kenyamanan dengan cara menutup mata dan hanya berkonsentrasi pada pernapasan. Tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan napas perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali sampai merasa relax. Lakukan meditasi sederhana ini setidaknya sekali sehari. Bisa dengan cara membaringkan badan ataupun duduk senyaman mungkin. Buat saya, waktu yang tepat adalah pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Mendekatkan diri degan alam4.Mendekatkan diri dengan alam.
Untuk melakukan poin ini kalian tidak harus pergi ke hutan, pantai atau mendaki gunung. Mendekatkan diri dengan alam bisa dilakukan sesederhana mungkin. Seperti halnya berkebun, memperhatikan ikan berenang di dalam kolam, menikmati indahnya bunga-bunga di sekitar kita, dan lain sebagainya. Bahkan sewaktu kita di tempat kerja. Usahakan untuk menaruh tumbuhan hidup di sekitar kita.

macbook air belajar5. Matikan alat-alat teknologi.
Hal ini memang sulit dilakukan. Tapi tahukah kalian berapa lama dalam sehari menggunakan alat technology ? Jawabannya adalah terlalu lama. Facebook, instagram, whatsapp, line, game, dll seperti tidak ada habis-habisnya. Technology bisa menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan ataupun hidup kita. Tapi bisa juga menjadi salah satu faktor kita untuk membuang-buang waktu tanpa kita menyadarinya. Mematikan alat-alat technology pada malam hari bisa membantu kita untuk merasa nyaman tanpa gangguan. Kalau kalian mau bereksperimen, pilih satu hari dalam seminggu, atau setengah hari tanpa alat-alat technology. Dijamin kalian akan merasa lebih rilex dan memiliki banyak waktu untuk merencanakan hal-hal yang lebih berguna. Demikian juga memiliki waktu yang lebih untuk keluarga.

Melakukan Yoga6. Melakukan Yoga.
Yoga adalah gerakan tubuh yang menggabungkan latihan peregangan , pengendalian pernapasan dan relaksasi. Yoga dapat membantu mengurangi stres , menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung . Dan hampir semua orang bisa melakukannya.

Tidur nyenyak santai relax7. Tidur.
Kurang tidur bisa menyebabkan perasaan lelah, kurang bergairah, bahkan perasaan marah. Pastikan untuk tidur minimal 7 jam untuk membantu badan kita memperbaiki sel-sel tubuh agar badan kita merasa segar keesokan harinya.

Poin berapa saja yang sudah kalian terapkan ?

Tinggalkan Pesan